Kamis, 07 Februari 2019

Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Penyakit Diabetes

Setiap dari kota tentu tidak ingin terkena penyakit diabetes atau kencing manis. Pasalnya, penyakit ini termasuk salah satu momok menakutkan dan merupakan penyakit berat dan kronis yang bisa mengakibatkan amputasi anggota tubuh bahkan kematian.

Penyakit diabetes terjadi akibat sistem metabolisme dalam tubuh mengalami gangguan. Tanda-tanda awal penyakit ini bisa diketahui dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh kita. Sekali terkena penyakit ini, maka tidak bisa disembuhkan, yang bisa dilakukan hanyalah mengontrol kadar gula dalam darah.

Ironisnya, jumlah penderita Penyakit diabetes bukannya berkurang, malah setiap tahun semakin bertambah jumlahnya. D i Indonesia sendiri, tercatat sekitar 8,5 juta penderita Penyakit diabetes pada tahun 2013, dan diperkirakan meningkat menjadi   12 Juta penderita pada tahun 2020. Perkiraan ini ditinjau dari semakin banyaknya penderita Penyakit diabetes dalam usia muda.

Jenis-Jenis Penyakit Diabetes
Saat ini terdapat beberapa jenis penyakit diabetes, di mana masing-masing dari jenis tersebut memiliki penyebab tertentu dan penderita dengan usia tertentu. Adapun rinciannya sebagai berikut:

1.Diabetes tipe 1
Penyakit Diabetes tipe 1 terjadi ketika sistem imun dalam tubuh kita yang seharusnya melawan bakteri atau virus yang menyerang tubuh malah menyerang hormon insulin. Kondisi ini menyebabkan tubuh kita kekurangan insulin atau bahkan tidak memiliki insulin sama sekali. Ketika hal ini terjadi, gula yang harusnya dihantarkan ke sel-sel tubuh malah bertumpuk di dalam darah dan mengakibatkan diabetes. Penyebab Penyakit diabetes tipe 1 belum diketahui pasti, tapi faktor keturunan diyakini sebagai salah satu penyebabnya.

Cara mengobati Penyakit diabetes tipe 1adalah dengan cara menyalurkan insulin melalui kulit terhadap jaringan lemak di bawahnya. Cara penyaluran insulin menggunakan jarum suntik, pena insulin, jet injectors, serta pompa insulin.

2.Diabetes tipe 2
Diabetes tipe 2 adalah kondisi di mana pankreas tidak memproduksi insulin dengan benar, yang menyebabkan jumlah insulin yang diproduksi tidak cukup. Hal ini mengakibatkan gula tidak tersalurkan ke sel-sel tubuh tapi bertumpuk di dalam darah, sehingga terjadilah Penyakit diabetes.
Penyebab Penyakit Diabetes tipe 2 belum diketahui pasti, namun lemak dan perilaku pasif diyakini sebagai salah satu penyebab utama.

Diabetes tipe 1 tidak bisa dicegah, tetapi Diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat berupa mengkonsumsi makanan sehat rendah lemak dan kalori, rutin berolahraga, serta menjaga berat badan agar selalu ideal.

C.Gestational Diabetes
Selama masa-masa kehamilan, plasenta memproduksi hormon yang akan menopang kehamilan. Tapi hormon ini justru membuat sel lebih tahan terhadap insulin. Seiring pembesaran plasenta, hormon tersebut semakin banyak dihasilkan. Seharusnya pankreas merespon dengan menghasilkan lebih banyak insulin. Tetapi kenyataannya pankreas justru tidak mampu meresponnya, sehingga glukosa banyak menumpuk di darah dan tidak terserap ke dalam sel.

Gestational Diabetes dapat dikontrol dengan bantuan dokter kandungan atau tim kesehatan lainnya dengan cara melakukan latihan harian, mengontrol berat badan kehamilan, mengatur pola makan makan dengan baik untuk memastikan nutrisi kehamilan yang memadai, mengkonsumsi sebuah asupan insulin diabetes untuk mengontrol kadar gula darah jika diperlukan.

Seseorang yang terkena penyakit diabets harus mampu mengendalikan diabetes tersebut. Jika tidak demikian, dia akan menjadi rentan terhadap berbagai penyakit dalan jangka panjang  seperti kerusakan saraf, kerusakan ginjal, penyakit kardiovaskular, kerusakan foot, penyakit Alzheimer, dll.
Disqus Comments